PERANGKAT INPUT/OUTPUT
Unit Input/Output (I/O)
adalah bagian dari sistem mikroprosesor yang digunakan oleh mikroprosesor itu untuk berhubungan
dengan dunia luar.
Unit input adalah unit luar yang
digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor ini, contohnya data
yang berasal dari keyboard atau mouse. Sementara unit output biasanya digunakan untuk
menampilkan data, atau dengan kata lain untuk menangkap data yang dikirimkan
oleh mikroprosesor, contohnya data yang akan ditampilkan pada layar monitor atau printer.
Bagian input (masukan) dan juga keluaran (output) ini
juga memerlukan sinyal kontrol, antara lain untuk baca I/O (Input/Ouput Read
[IOR]) dan untuk tulis I/O (Input/Output Write [IOW]).
Modul
I/O
Modul I/O Adalah interface atau central switch untuk
mengendalikan satu atau lebih peripheral atau perangkat input/output. Konektor mekanis berisi fungsi logik untuk komunikasi
antara bus dan peripheral. Tidak hanya sekedar modul penghubung, tetapi sebuah piranti
yang berisi logika dalam melakukan fungsi komunikasi antara peripheral dan bus
computer.
·
Modul I/O adalah komponen dalam system
computer:
1) Bertanggung
jawab atas pengontrolan sebuah perangkat luar
2) Bertanggung
jawab atas pertukaran data antar perangkat luar tersebut dengaan memori utama
ataupun dengan register-register CPU
3)
Antarmuka
internal dengan computer (CPU dengab memori utama)
4)
Antarmuka
internal dengan perangkat external untuk menjalankan fungsi-fungsi pengontrolan
·
Fungsi
utama modul I/O:
1)
Sebagaai
piranti antarmuka ke CPU dan memori ke bus system
2)
Sebagai
piranti antar muka dengan peralatan periperaal lainnya dengan menggunakan link
data tertentu.
Untuk lebih jelasnya dapat dilihat gambar dibawah ini:
Fungsi
Modul I/O
o Control dan timing
o Komunikasi CPU
- sebagai media
komunikasi dari CPU menuju device eksternal
o Komunikasi perangkat
-sebagai media
komunikasi dari device eksternal menuju CPU
o Data Buffering
-berfungsi sebagai
penampung data sementara baik dari CPU/memori maupun dari peripheral peripheral
o Deteksi error
-berfungsi sebagai
pendeteksi kesalahan yang ditimbulkan oleh device
Skema perangkat peripheral
Interface ke modul I/O adalah dalam bentuk
signal-signal kontrol,status,dan data. Data berbentuk sekumpulan bit untuk
dikirimkan ke modul I/O atau diterima dari modul I/O. control signal menentukan
fungsi-fungsi yang akan dilakukan perangkat, seperti mengirimkan data ke modul
I/O ( input atau read), menerima data dari modul I/O ( output / write), report
status, atau membentuk fungsi kontrol tertentu ke perangkat ( misalnya, posisi
head disk). signal status menandai status perangkat untuk mengirimkan data.
Control logic berkaitan dengan perangkat yang
mengontrol operasi perangkat dalam memberikan respons yang berasal dari modul
I/O. Transduser mengubah data dari energi listrik menjadi energi lain selama
berlangsungnya output dan dari bentuk energi tertentu menjadi energi listrik
selama berlangsungnya input. Umumnya, suatu buffer dikaitkan dengan transduser
untuk menampung sementara data yang ditansfer diantara modul I/O dan dunia
luar. Ukuran buffer yang umum adalah 8 hingga 16 bit.
Buffering
Tujuan utama buffering adalah mendapatkan penyesuaian data sehubungaan perbedaaan laaju transfer data dari perangkat periperaal dengan kecepatan pengolahan data CPU.
Umumnya buffering memiliki laju tranfer data dari perangkat peripheral lebih lambat dari kecepatan CPU maupun media penyimpanan. contoh nya sebuah file sedang diterima melalui modem dan ditujukan ke media penyimpanan di hard disk kecepatan modem tersebut kira-kira hanyalah 1/1000 dari pada hard disk. jadi buffer dibuat di dalam memori utama untuk mengumpulkan jumlah byte yang diterima dari modem.
Tujuan utama buffering adalah mendapatkan penyesuaian data sehubungaan perbedaaan laaju transfer data dari perangkat periperaal dengan kecepatan pengolahan data CPU.
Umumnya buffering memiliki laju tranfer data dari perangkat peripheral lebih lambat dari kecepatan CPU maupun media penyimpanan. contoh nya sebuah file sedang diterima melalui modem dan ditujukan ke media penyimpanan di hard disk kecepatan modem tersebut kira-kira hanyalah 1/1000 dari pada hard disk. jadi buffer dibuat di dalam memori utama untuk mengumpulkan jumlah byte yang diterima dari modem.
Struktur
Bus I/O
- Saluran data
Saluran yang
memberikan lintasan bagi perpindahan data antara dua modul system. Umumnya bus
data terdiri dari 8,16,32 saluran, jumlah saluran dikaitkan dengan lebar bus
data. Karena pada saat tertentu masing-masing saluran hanya dapat membawa 1
bit, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat dipindahkan pada saat
tertentu. Lebar bus data merupakan factor penting dalam mentukan kinerja system
secara keseluruhan. Bila bus data lebarnya 8 bit, dan setiap intruksinya dengan
panjang 16 bit, maka CPU harus 2kali mengakses modul memori dalam setiap siklus
intruksinya.
- Saluran control
Bus control digunakan untuk mengontrol akses ke
saluran alamat, penggunaan data dan saluran alamat. Karena data dan saluran
alamat digunakan bersama oleh seluruh komponen, maka harus ada alat untuk
mengontrol penggunaanya. Signal-signal control melakukan trasmisi baik perintah
maupun informasi perwaktuan diantara modul-modul system.
- Saluran alamat
Digunakan untuk menandakan sumber atau tujuan data
pada bus data, misalnya CPU akan membaca sebuah word (8,16,32 bit ) data
memori, maka CPU akan menaruh alamat word yang dimaksud pada saluran alamat.
Lebar bus menentukan kapasitas memori maksimum system. Selain itu umumnya
saluran alamat ini digunakan untuk memilih lokasi memori atau port I/O pada
modul.
Terdapat berbagai macam modul I/O seiring
perkembangan komputer itu sendiri, contoh yang sederhana dan fleksibel adalah
Intel 8255A yang sering disebut PPI (Programmable Peripheral Interface).
Bagaimanapun kompleksitas suatu modul I/O, terdapat kemiripan struktur, seperti
terlihat pada gambar dibawah ini:
Modul dihubungkan dengan bagian-bagian computer
lainnya melalui saluran signal (misalnya, saluran bus system). Data yang
dipindahkan ke modul dan dari modul di-buffer-kan dalam sebuah register data
atau lebih. Mungkin juga terdapat sebuah register status atau lebih yang
memberikan informasi status saat itu. Register status dapat juga berfungsi sebagai register control, untuk
menerima informasi control secara detail dari CPU. Logic pada modul
berinteraksi dengan CPU melalui sejumlah saluran control. Saluran-saluran ini
digunakan oleh CPU untuk memberikan perintah ke modul I/O. beberapa saluran
control dapat digunakan oleh modul I/O. modul juga dapat mengetahui dan
menghasilkan alamat-alamat yang berkaitan dengan perangkat yang dikontrolnya.
Setiap modul I/O memiliki alamat yang unik, atau apabila modul I/O mengontrol
lebih dari sebuah perangkat eksternal, maka terdapat sekumpulan alamat yang
unik. Terakhir, modul I/O terdiri dari logic yang bersifat khusus bagi
interface dengan setiap perangkat yang dikontrolnya.
I/O Terproggram
Klaasifikasi I/O terprogram
1.
Perintah contoh, Perintah ini digunkan untuk mengaktivasi perangkat peripheral
dan memberitahukan tugas yang diperintahkan
padanya.
2.
Perintah test Perintah ini digunakan CPU untuk menguji berbagai kondisi status
modul I/O dan peripheralnya. CPU perlu mengetahui perangkat peripheralnya dalam
keadaan aktif dan siap digunakan, juga untuk mengetahui operasi – operasi I/O
yang dijalankan serta mendeteksi kesalahannya.
3.
Perintah read, perintah pada modul I/O untuk mengambil suatu paket data
kemudian menaruh dalam buffer internal. Proses selanjutnya paket data dikirim
melalui bus data setelah terjadi sinkronisasi data maupun kecepatan
transfernya.
4.
Perintah write, Perintah ini kebalikan dari read. CPU memerintahkan modul I/O
untuk mengambil data dari bus data untuk diberikan pada perangkat peripheral
tujuan data tersebut.
Implementasai
perintaah dalam intruksi I/O:
o
Memory-Mapped I/O
·
Terdapat
ruang tunggal untuk lokasi memori daan perangkat I/O
·
CPU
memperlakukan register status dan register data modul I/O sebagai lokasi memori
dan menggunakan intruksi mesin yang
samauntuk mengakses baik memori ataupun perangkat I/O
·
Konsekuensinya
adalah diperlukan perangkat tunggal untuk pembacaan dan saaluran tunggal untuk penulisan
·
Keuntungan
dari memory-mapped I/O adalah efisien daam pemrograman, namun memakan banyak
ruang memory alamat
o Isolated I/O
·
Dilakukan
pemisahan ruang pengalamatan bagi memory dan ruang pengalamatan bagi I/O
·
Dengan
teknik ini diperlukan bus yang dilengkapi dengan saluran pembacaan dan
penulisan memory ditambah saluran perintah output
·
Kesulitan
isolated I/O adalah sedikitnya intruksi I/O
Input dan output
adalah mengirim suatu data atau mentransfer data dan memproses data tersebut, Input
output adalah sistem yang selalu berjalan dalam setiap komputer kita
karena itu kita perlu memahami apa itu sistem input dan output.
seperti setiap sistem lainnya tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan nya
seperti input output problemnya seperti ini
karena itu kita perlu memahami apa itu sistem input dan output.
seperti setiap sistem lainnya tentu saja memiliki kekurangan dan kelebihan nya
seperti input output problemnya seperti ini
- Wide variety of
perepherals
- delivering
different amounts of data
- At different
speeds
- in different
formats
- all slower than
CPU and RAM
- need I/O modules
input dan output juga memiliki module karena sistem
ini memerlkan module tersebut
berikut module yang di perlukan untuk input dan output
berikut module yang di perlukan untuk input dan output
- Interface to CPU
and memory
- interface to one
or more peripherals
- GENERIC MODEL OF
I/O DIAGRAM
I/O module function modul ini sering di butuhkan
oleh hampir semua sistem yang ada di computer dan berikut ini adalah fungsi nya
- Control and timing
- cpu comunication
- device
comunication
- data buffering
- error detection
setelah mengetahui fungsi I/O maka sekarang langkah
yang di lakukan I/O
atau bahasa kerenya I/O steps.
atau bahasa kerenya I/O steps.
- cpu checks I/O
module device status
- I/O module returns
status
- if ready , cpu
requests data transfer
- i/o module gets
data from device
- i/o module
transfers data to cpu
- variations for
output, dma ,etc.\
dan berikut ini gambar diagram dari I/O module
Diagram I/O module input output juga memiliki tehnik pengerjaannya sendiri ,, antara lain adalah
- programed
- interupt
driven
- direct
memory access atau DMA
programmed io juga mempunyai langkah2nya yang dapat bekerja
dengan baik
diantara urutan programed dari io tersebut seperti
diantara urutan programed dari io tersebut seperti
- cpu has
direct control over i/o
- sensing
status
- read /write
commands
- transferring
data
- cpu waits
for io module to complite operation
- wastes cpu
time
Addresing
i/o devices telah sama2 kita ketahiu setiap proses memiliki addres yang
berbeda2 berikut ini adalah addressing device dari I/O
- under
programmed i/o data transfer is very like memory access (cpu viewpoint)
- each device
given unique identifier
- cpu
commands contain identifier address
sementara itu ini adalah tatanan dari I/O mapping
- memory
mapped I/O
- devices and
memory share an address space
- I/O locks
just like memory read write
- no special
commands for i/o
- large
selection of memory access comans available
- isolated
I/O
- sepeate
address spaces
- nedd io or
memory select line
- special
commands for io
- limited set
Interupt
driven I/O atau intruksi beberapa yang saya tauseperti di bawah ini
- overcomes
cpu waiting
- no repeated
cpu checking of device
- i/o module
interrupts when ready
gambar dari pc interupt layout
Memahami memory dan karakteristiknya
berikut ini adalah karakteristik memori
- lokasi
- kapasitas
- unit
transfer
- metode
akses
- kinerja
- jenis fisik
- sifat-sifat
fisik
- organisasi
biasanya
memori terletak di CPU atau register internl (main memori) external (secondary
memori) dan ukuran atau kapasitas banyaknya words atau byte biasanya tergantung
dari memori itu sendiri.
SATUAN
TRANSFER
- internal
yaitu jumlah bit dalam sekali akses ,samadengan
jumlah saluran data atau ukuran word
- External
dalam satuan block yang merupakan kelipatan word
- Addressable
unit
- lokasi terkecil yang dapat di alamati secara uniq
- secara
internal biasanya sama dengan word
- untuk disk
dignakan satuan cluster
METODE
AKSES
Sekuensial
direct random associative
- sekuensial
adalah
mentransfer data mulai dari awal sampai lokasi yang
di tuju waktu akses tergantung dari lokasi data dan lokasi sebelumnya. sebagai
contoh adalah : tape
- direct
adalah
sedangkan direk tersiri dari blok blok tertentu dan
setiap blok mempunyai address yang unique pengaksesan dengan cara lompat ke
kisaran umum di tambah dengan pencairan sekuensialdan pada direct ini waktu
akses tidak tergantung pada lokasi sebelumnya sebagai contoh adalah disk.
- random
setiap lokasi memiliki alamat tertentu sedangkan waktu
akses tidak tergantung pada urutan akses sebelumnya sebagai contoh yang selalu
kita pakai adalah RAM.
- associative
pencarian data yang diperlukan atau yang dicari
berdasarkan isi dari data tersebut bukan tergantung pada alamat dimana data itu
di simpan, waktu akses tidak tergantung terhadap lokasi atau pola akses sebelumnya
sebagai contoh adalah cache.
HIERARKI MEMORI
Terdiri dari beberapa spesifikasi dan letak
- Register
terletak di dalam CPU
- Internal
atau main memori bisa lebih dari satu level dengan adanya cache atau ram
dalam komputer
- external
memori berfungsi sebagai penyimpanan cadangan yang bisa kita tambahkan
sendiri
PERFORMANCE
Performance
atau kinerja dari PC atau komputer kita tergantung dari spesifikasi PC yang
kita punyai access time waktu kita mengngakses ,waktu untuk melakukan operasi
baca dan tulis
Memory Cycle time di perlukan tambahan waktu untuk recovery sebelum akses berikutnya atau access time + recovery transfer rate kecepatan transfer data atau kecepatan mengirim data dari unit memori dan sebaliknya kendala rancangan yang biasa di hadapi biasanya mencangkup berapa banyak yang di perlukan untu membuat PC kita cepat ,capasitas yang di perlukan , seberapa cepat kinerjanya , karena waktu itu sangat penting atau dalam bahasa madura sering disebut Time is money kendala yang paling terasa adalah seberapa mahal harga yang harus kita beli. .
INGIN KOMPUTER KITA BEKERJA LEBIH CEPAT ??
Memory Cycle time di perlukan tambahan waktu untuk recovery sebelum akses berikutnya atau access time + recovery transfer rate kecepatan transfer data atau kecepatan mengirim data dari unit memori dan sebaliknya kendala rancangan yang biasa di hadapi biasanya mencangkup berapa banyak yang di perlukan untu membuat PC kita cepat ,capasitas yang di perlukan , seberapa cepat kinerjanya , karena waktu itu sangat penting atau dalam bahasa madura sering disebut Time is money kendala yang paling terasa adalah seberapa mahal harga yang harus kita beli. .
INGIN KOMPUTER KITA BEKERJA LEBIH CEPAT ??
komputer hanya menggunakan static ram maka akan sangat
cepat bila memori ram kita cukup besar tidak di perlukan cache tapi tentu saja
harganya sangat mahal lagi2 kita harus mengeluarkan uang extra banyak untuk
memenuhi kebutuhan PC kita agar kinerjanya seperti yang kita harapkan.
MEMORI SEMICONDUCTOR
Ram penamaan yang sering salah karena semua memori
semiconductor adalaj random access termasuk rom bersifat penyimpanan sementara
static atrau dinamik.
- dynamic RAM
bit
yang tersimpan berupa muatan dalam capacitor dan muatan dapat bocor
karena itu perlu di refresh tetapi konstruksi nya sangat sederhana dan ukuran perbitnya kecil biaya yang di keluarkan juga lebih murah tetapi kinerjanya cukup lambat .READ ONLY MEMORY atau ROM bersifat menyimpan secara permanen dan untuk Microprograming, library subroutines,system programs BIOS,function tables
karena itu perlu di refresh tetapi konstruksi nya sangat sederhana dan ukuran perbitnya kecil biaya yang di keluarkan juga lebih murah tetapi kinerjanya cukup lambat .READ ONLY MEMORY atau ROM bersifat menyimpan secara permanen dan untuk Microprograming, library subroutines,system programs BIOS,function tables
- Jenis jenis
ROM
1.
di
tulisi saat pertama kali dibuat
2. harganya
sangat mahal
3.
programabel
(once) di perlukan peralatan khusus untuk memprogram
4. read
mostly dihapus dengan sinar uv
5. electrically
erasable (EEPROM) perlu waktu yang cukup lama untuk menulis
6. flas
memory menghapus semua memori secara electris
ORGANISATION
- 16mbit chip
dapat di susun dari 1m x 16 bit word
- 1bit /chip
memiliki 16 lost dengan bit ke 1 dari setiap word berada pada chip 1
- 16 bit chip dapat di susun dari array
:2048x2048x4bit
- mengurangi
jumlah addres pins
- multiplex
row address dengan column address
- 11pins
untuk address 211=2048
- menambah 1
pin kapasitas menjadi 4x
CONTOH
SKEMA 16 MB DRAM (4Mx 4)
PACKAGING
ORGANISATION
MODUL
ORGANISATION
MODUL2
KOREKSI KESALAHAN
Rusak berat cacat atau rudak permanent rusak ringan rusak
non permanent dideteksi menggunanakan hammingcode dan berikut adalah skema
error correcting code fungtion.
Sistem Bus adalah
suatu deretan langkah-langkah yang memiliki beberapa operasi ,pada setiap
langkah memiliki operasi tersendiri dan operasi tersebut di kerjakan suatu
operasi aritmhatic atau logika,disetiap operasi juga memerlukan sejumlah sinyal
kendali tertentu
sepertikontrol unit,untuk setiap operasi disediakan kode unik sebagai contoh ADD, MOVE yaitu menjalankan intruksi dan kemudian hardware menterjemahkan intruksi tersebut
sepertikontrol unit,untuk setiap operasi disediakan kode unik sebagai contoh ADD, MOVE yaitu menjalankan intruksi dan kemudian hardware menterjemahkan intruksi tersebut
- ADD :
menambahkan
- MOVE : memindahkan suatu data tertentu yang di
perlukankemudian menghasilkan sinyal-sinyal kendali dan jadilah komputer komponen
yang di perlukan.
- Register :
register adalah variabel yang sudah di jadikan mikro prosesor, di dalam pc
itu adalah kumpulan variabel.
- Control unit :
membentuk central prosesing unit (CPU)
- Intruksi : data
dan intruksi harus di berikan ke sstem dan dikeluarkan dari sistem input,
output,
- Main memory :
tempat untuk menyimpan sementara kode intruksi dan hasil operasi komputer
top level komponen.
KOMPONEN KOMPUTER TOP LEVEL
INTERRUPT / INTERUKSI
- Suatu mekanisme
yang di sediakan bagi modul-modul lain
- program
- timer
- I/O
- hardware failure
SIKLUS INTRUKSI MENGGUNAKAN DUA LANGKAH
- ditambahkan
ke instruction cycle
- processor
memeriksa adanya intrurupt
- diberitahukan
lewat intrupsi signal
- jika tidak
ada intrrupt ,fetch next instruction
- jika ada
intrrupt: tunda eksekusi dari orogram saat itu , simpan context ,set PC ke
awal address dari routine intrrupt handler, proses intreeupt, kembalikan
context dan lanjutkan program yang berhenti.
·
Fetch Cycle : Program Counter (PC)
address intruksi berikutnya yang akan di ambil, processor mengambil intruksi
dari memory pada lokasi yang ditunjuk oleh PC, naikkan PC kecuali ada perintah
tertentu, intruksi di masukkan ke instruction register (IR),processor
mengintrup dan melakukan tindakan yang di perlukan
·
Execute : Transfer data antara CPU
dengan main memory , transfer data antara CPU dengan I/O module, data prosesing
operasi arithmetic dan logical pada data tertentu
Gambar siklus intruksi
MULTIPLE INTERRUPTS
Disable
interrupts prosesor akan mengabaikan interrupt berikutnya ,interrupt tetap akan
di perisksa setelah interrupt yang pertama selesai di layani, interrupt di
tangani dalam urutan sesui datangnya Define priorities low priority interrupts
dapat di interreupt oleh hingher priority interrupt, setelah hingher priority
interreupt selesai di layani akan kembali ke interrupt sebelumnya.
MULTIPLE
INTERRUPTS - SEQUENTIAL
MULTIPLE INTERRUPTS NESTED
SAMBUNGAN
semua unit harus tersambung jika tidak tentu saja kerja nya tidak akan dapat maksimall bahkan bisa saja tidak berfungsi lagi, unit yang beda memliki sambungan yang beda pula, seperti :
semua unit harus tersambung jika tidak tentu saja kerja nya tidak akan dapat maksimall bahkan bisa saja tidak berfungsi lagi, unit yang beda memliki sambungan yang beda pula, seperti :
-
memory
-
input dan output
- CPU
- Sambungan
memori input/output
Sama saja dengan sambungan memory yang tersiri dari
input dan output
- OUTPUT : menerima data dari computer mengirimkan
data ke peripheral
- INPUT : menerima data dari peripheral mengirimkan
data ke komputer
- sambungan
input / output
sambungan sinyal sangat penting dalam hal ini karena
berperan sebagai kendali sinyal dari computer ,mengirimkan sinyal kendali ke
peripherals, menerima address dari computer dan mengirimkan sinyal interrupt
Ø Pengertian
BUS
BUS
adalah jalur komunikasi yag menghubungkan beberapa device, biasanya menggunkan
cara brodcast ,seringkali dikelompokkan menjadi beberapa struktur data bus.
-
satu bus berisi sejumlah kanal ( jalur)
-
contoh bus data 32-bit berisi 32 jalur
jalur
sumber tegangan biasnya tidak di perhatikan
Ø BUS
Terdiri Dari Beberapa Pengelompokan
Data
Bus : membawa data tidak dibedakan antara data dan instruksi dan lebar jalur
mentukan performennya, dan jumlah bit dikelompokkan menjadi beberapa klompok
yaitu
8
bit , 16 bit , 32 bit ,dan 64 bit.
dari
hasil pengelompokan dan perubahan di atas tentusaja kita dapat memlih sesui
dengan kebutuhan kita masing-masing, tentu 64 bit lebih baik ,
Ø ADDRESS
BUS
Menentukan
asal atau tujuan dari data sebagai permasalan CPU perlu membaca intruksi atau
data dari memori pada lokasi tertentu lebar jalur menentukan kapasitas memori
maksimum dari system tersebut, contoh : 8080 memiliki 16 bit addrss bus maka
ruang memori maksimum adalah 64 k contoh bus : informasi kendali da timing
,sinyal read/write memory (MRD/MWR) , interrupt request ( IRQ ) clock singnal (
CK ).
SKEMA
INTERKONEKSI BUS
Dalam beberapa hal sistem computer memiliki kelebihan dan kekurangan tetapi mmiliki kegunaan dan kelebihannya masing2 demikian yang saya bisa sampaikan dalam pembahasan program PC kali ini .
BETER FASTER CHEAPER
Pada materi kali ini membahas tentang evolusi komputer
dan kinerjanya karena seiring perkembangan.
jaman tehnologi komputer juga ikut berkembang juga menuju fase penyempurnan yang lebih baik.
ENIAC atau Electronic Numerical Integrator And Computer dan berikut ini latar belakang dari
jaman tehnologi komputer juga ikut berkembang juga menuju fase penyempurnan yang lebih baik.
ENIAC atau Electronic Numerical Integrator And Computer dan berikut ini latar belakang dari
ENIAC.
- Eckert and
mauchly
- university
of pennsylvania
- tabel
lintasan peluru
- mulai
dibuat 1943
- selesai
1946
- sangat terlambat untuk digunakan dalam PD-II
- Digunakan
sampai 1955
ENIAC
- Desimal
bkan biner
- Memilki 20
akumulator untuk 10 digit
- Diprogram manual
dengan swich atau saklar
- 18.000
tabung vakum
- Berat 30
ton
- Luas 15,000
square feet
- Konsumsi
daya 140KW
Berikut
ini adalah contoh gambar tabung Vakum
- JOHN VON
NEUMANN
Adalah seorang matematikawan Hungaria-Amerika dan polymath yang membuat kontribusi besar pada berbagai bidang,termasuk menetapkan teori, analisis fungsional, kuantum mekanik, ergodic teori, geometri terus menerus, ekonomi dan teori permainan, ilmu komputer, analisis numerik, hidrodinamika, dan statistik, serta banyak bidang matematika lainnya. Dia umumnya dianggap sebagai salah satu matematikawan terbesar dalam sejarah modern.
Von Neumann adalah seorang pelopor penerapan teori operator untuk mekanika kuantum, dalam pengembangan analisis fungsional, seorang anggota utama dariProyek Manhattan dan Institute for Advanced Studi di Princeton.
PEMBAHASAN TENTANG IAS
IAS
atau Computer of Institute for Advanced Studies dalam hal ini perkembangannya
adalah sebagai berikut :
- kapasitas
memori 1000x40 bit words
- menggunakan
sistem bilangan biner
- panjang
intruksi 20 bit
- registrasi-registrasi
dalam CPU
- MBR memori
buffer register
- MAR memory
address register
- IR
instruction register
- IBR
instruction buffer registration
- PC program
counter
- AC
accumulator
- MQ
multiplier quotient
- Berikut ini
adalah gambaran skema IAS
gambar
struktur IAS
Pengertian dari organisasi
arsitektur komputer adalah, komputer merupakan sistem yang penting ,yang
tersiri dari beberapa komponen yang di jelaskan sebagai fungsi kolektif dan
struktur internalnya, berikut ini adalah pengertian tentang organisasi dan
arsitekturnya
Organisasi.
bagaimana suatu perangkat di implementasikan sinyal
kontrol, interface dan memorinya sebagai contohnya penambahan hardware
baru yang lebih baik dari hardware yang senelumnya
Arsitektur.
Atribut yang berhubungan dengan programer , kumpulan Bit
,jumlah bit yang digunakan untukreprentasi data ,mekanisme I/O tehnik
pengalamatanya atau lebih mudahnya Arsitektur memiliki sifat sama, sedangkan
Organisasi dapat berbeda. arsitektur juga dapat bertahan lama sedangkan
organisasi selalu menyesuaikan perkembangan teknologi.
FUNGSI DAN STRUKTUR.
fungsi merupakan operasi dari setiap komponen dan juga
sebagai bagian dari struktur sedangkan struktur bagaimana setiap masing-masing
komponrn dapat saling ber hubungan antara satu dengan yang lain. berikut
penjelasan yang meliputi fungsi dan struktur.
FUNGSI.
Tentu yang kita bicarakan adalah fungsi dari komputer dan
komputer yang masih berfungsi normal karena semua komputer berfungsi untuk
Pengolahan data ,pengyimpanan data ,pemindahan data , dan control. berikut ini
adalah gambaran skema Fungsi dan hal2 yang dilihat dari sudut pandang fungsi.
FUNGSI KOMPUTER
yaitu bagaimana suatu kompuer difungsikan, memang fungsi
kompuer tergantung bagai mana masing2 pemilik meggunakanya ,tetapi jika dilihat
dari sudut pandang fungsi yang sebenarnya adalah sebagai berikut gambaran skema
fungsi itu.
Ø Pemindahan Data
hal ini sering
sekali kita lakukan bahkan hampir tidak mungkin tidak pernah dilakukan bagi
pengguna computer sebagai contoh :keyboard ke layar monitor.
gambaran skema
pemindahan data.
Ø Pemindahan Data
pemindahan data ini
hampir sama dengan mengambil file baru yang akan di simpan kedalam
komputer kita.
contoh
download dari internet
skema penyimpanan
data.
Ø Pengolahan data ke pengolahan
pengolahan drive
yang akan di teruskan ke penyimpanan merupakan bagian dari pekerjaan kita di
depan komputer, sebagai contoh updating bank statemant.
skema pengolahan data ke penyimpanan.
Ø Pemrosesan dari penyimpanan ke I/O
sebagai contoh adalah percetakan bank ke statement
skema pemrosesan dari penyimpanan ke i/o.
STRUKRUR
Seperti yang sudah kita ketahui dari penjelasan di atas
struktur adalah bagaimana mengelola suatu komponen agar dapat berhubungan satu dengan yang lain, stuktur terbagi
menjadi 3bagian yaitu :
- Struktur
-top level
- sturktur
-CPU
- struktur
-kontrol unit
dan
berikut adalah gambaran dari 3 bagian tersebut.
- STUKTUR
-TOP LEVEL
- STRUKTUR
CPU
- STRUKTUR
KONTROL UNIT
Referensi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar